Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Manfaat Jus Segar Bagi Tubuh

Minum jus buah banyak sekali manfaatnya. Selain segar saat diminum, jus buah juga memberikan nilai gizi lebih yang berguna bagi tubuh Anda. Buah dan sayuran kaya serat dan mengandung vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh guna membentengi diri dari serangan beragam penyakit.

Nilai Gizi Lebih Lengkap
Membuat jus adalah cara sehat dan mudah mengonsumsi buah segar. Anggapan bahwa jus buah akan banyak menghilangkan daging buah adalah keliru. Padahal dengan minum satu gelas jus seperti jeruk banyak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. Serat-serat ini berguna untuk mencegah serangan dari berbagai penyakit.

Jus dengan buah segar dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda dalam waktu lebih cepat. Anda juga dapat mencampurkan beberapa macam buah dalam satu gelas agar mendapatkan rasa yang berbeda.

United States Food and Drug Administration (FDA) menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi buah dan sayuran sumber asam folat, misalnya orange juice, untuk mengurangi risiko lahir cacat. Serat sangat berguna untuk merawat sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik dan terhindar penyakit pencernaan.

Sebaiknya mengonsumsi jus buah segar dalam keadaan perut kosong atau 20 menit sebelum makan makanan lain. Dengan cara ini, Anda akan dapat meningkatkan selera Anda untuk selalu mengonsumsi buah segar.

Jus Segar vs Jus Botolan
Lebih baik mengonsumsi jus buah segar buatan sendiri. Lebih baik hindari minum jus buah dalam kaleng atau botol gelas karena ketika botol atau kaleng ditutup, jus tersebut terlebih dahulu dipanaskan dan mendapatkan struktur asam.

Jus kotakan, kaleng dan botolan telah melalui proses pasteurisasi, dimana jus tersebut telah dipanaskan atau dimasak dulu untuk membunuh semua kuman. Pemanasan ini dapat mengubah enzim dalam makanan menjadi kehilangan nilai nutrisinya. Selain itu, jus botolan juga dilengkapi dengan zat pengawet. Jadi Anda tidak dapat mengganti jus buah segar dengan jus botolan atau kotakan.

Toh sangat banyak variasi buah yang akan Anda minum dalam jus. Bisa dimulai dengan jus mangga, stroberi, apel, buah semangka atau blewah, dll. Bisa pula buah yang satu dikombinasikan dengan buah yang lainnya.

Detoksifikasi
Jika tak mengonsumsi banyak buah, tubuh Anda beresiko menderita keracunan. Buah berguna membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Mengonsumsi buah dalam porsi besar akan membuat tubuh sibuk melakukan detoksifikasi atau proses pembersihan racun dalam tubuh. Buah yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, tomat dan nanas adalah buah yang kuat dalam detoksifikasi. Dengan minum jus jeruk setiap pagi sebagai sarapan pagi ANda, maka tubuh akan lebih cepat memiliki energi dan stamina. Karena jus jeruk segar juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Jus buah segar juga memberikan enzim dan fitonutrien yang berguna memperbaiki setiap sel tubuh ANda. dengan makan buah, Anda juga dapat menurunkan berat badan. Selain, dapat membakar lemak, buah juga dapat mengatasi racun yang terdapat dalam lemak.


Beberapa manfaat jus segar:

1. Jus segar dapat menyerap protein, karbohidrat, dan asam lemak esensial, vitamin dan mineral dengan mudah.

2. Jus buah dan sayuran segar kaya potassium dan rendah sodium. Keseimbangan seperti ini berperan penting dalam kesehatan pembuluh darah jantung dan mencegah kanker.

3. Jus memiliki enzim yang penting untuk saluran pencernaan dan penyerapan zat gizi dalam makanan.

4. Muatannya mengandung antioksidan yang besar seperti karoten, jus dari sayuran hijau, merah dan ungu dan buah dan sayuran kuning yang dapat menetralkan kanker yang disebabkan radikal bebas dan memperpanjang usia harapan hidup.

5. Jus kubis atau kol telah terbukti memperbaiki saluran pencernaan bahkan dapat mengobati luka dalam 7 hari, yang penelitian yang dilakukan Universitas Standard. Jus kubis ini mengandung vitamin C dan kalsium. Kubis juga memiliki nutrien yang berfungsi sebagai anti kanker dibanding famili sayuran lainnya.

6. Bromelain dalam jus nenas dapat meningkatkan kesehatan tubuh seperti mengurangi arthritis, mencegah bengkak setelah trauma, mengurangi sinusitis, mengurangi nyeri tenggorokan (angina) dan menurunkan nafsu makan.

7. Jus campuran apel dan seledri dapat mengurangi peradangan dan membantu menenangkan jiwa sehingga Anda dapat tidur dengan tenang.

8. Jus dari sayuran yang bersifat basa seperti wortel, tomat, bayam, seledri dapat mengeluarkan racun dalam hati, ginjal, racun di darah dan jaringan otot yang telah mengendap beberapa tahun.

9. Flavonoid, pigmen tanaman yang memberikan warna pada buah dan bunga memiliki sifat antiperadangan, anti alergi, antivirus dan anti karsinogenik.

10. Strawberry adalah sumber makanan yang baik sebagai anti kanker karena mengandung asam elagik (ellagiz acid). Dalam sebuah penelitian, strobery sebagai buah yang paling teratas dalam jajaran makanan yang berhubungan dengan pengurangan kematian akibat kanker.

11. Jus timun kaya dengan silicat yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan jaringan seperti otot, tendon, ligamen, tulang rawan dan tulang. Ini juga direkomendasikan untuk peningkatan corak kulit, rambut dan kuku.

Sumber: Human Health


Labels:

posted by n.lestari @ 8:28:00 AM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home