Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Mobil Irit BBM Tanpa Keluar Duit


Kenaikan BBM membuat pemilik mobil coba melakukan pengiritan. Banyak cara, di antaranya dengan mencekik bahan bakar, menambah cairan ke bahan bakar atau memasang alat. Namun semua itu berurusan dengan UUD alias Ujung-Ujungnya Duit.

Sebenarnya, ada cara penghematan tanpa harus merogoh kocek. Yakni dari si pengemudi sendiri yang jika gaya menyetirnya serabutan sudah pasti terjadi pemborosan. Mengubah cara menyetir saja belum cukup.

Ketika berada di belakang kemudi, ada beberapa hal harus dijaga. Seperti putaran mesin, memainkan kemudi, mengoperasikan tongkat persneling dan dan pengereman. Inilah langkah-langkah yang bisa menghemat BBM.

1.Jaga Putaran Mesin
Tanpa disadari setiap awal (dari posisi diam) menjalankan mobil dengan putaran mesin yang tinggi, jelas memboroskan BBM. Jika kendaraan sudah dilengkapi teknologi injeksi, justru nggak usah tekan pedal gas dalam. Kemudian usahakan setiap perpindahan gigi persneling dengan putaran mesin (rpm) yang normal. Putaran mesin yang normal antara 2.000 sampai 3.500 rpm.
Kemudian putaran mesin juga jangan terlalu rendah, bahan bakar lebih boros. Semisal, kendaraan melaju dengan gigi 3 tapi putaran mesinnya 1.800.

2.Pemakaian Gigi Persneling
Ada yang terbiasa, setiap kali mau jalan menggunakan gigi 2. Jika perbandingan gigi rasio menunjang, boleh-boleh saja. Lebih parah bila kebiasaan di atas dipraktikkan dalam kondisi lalulintas padat. Sebaiknya pergunakan gigi 1 dan jangan terlalu lama.
Kemudian lupa menaikkan persneling, sementara putaran mesin sudah tinggi. Kalau jalan normal dan lalu lintas tidak padat, idealnya perpindahan (naik) setiap gigi dilakukan saat putaran mesin antara 2.000 – 3.500.

3. Engine Braking
Mengurangi laju kendaraan dengan melepas pedal gas secara perlahan. Mobil-mobil keluaran sekarang sudah dilengkapi sistem injeksi elektronik, jadi cara di atas sangat tepat. Ingat, jangan sekali-sekali posisi gigi persneling netral, berarti suplai bensin ke mesin masih jalan. Kemudian, setelah pedal gas dilepas disertai dengan menurunkan gigi persneling dua step.

4.Kecepatan konstan
Pemakaian BBM yang boros bisa juga dikarenakan kecepatan yang tidak konstan. Kemudian melakukan akselerasi dan pengereman yang mendadak.

5.Menyetir
Kala menikung, upayakan memutar kemudi dengan halus. Artinya, saat mobil manuver jangan terlalu banyak koreksi setir. Begitu juga hendak menyalip, usahakan bodi jangan oleng kuat. Gejala itu lantaran jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat.
SBT

Sumber: http://www.kompas.com

Labels:

posted by n.lestari @ 7:06:00 PM,

1 Comments:

At 9:37 AM, Blogger infogue said...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://otomotif.infogue.com/mobil_irit_bbm_tanpa_keluar_duit

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home