Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Aman Berkendaraan di Saat Hujan


Hujan membuat jalanan tergenang air bahkan banjir dimana-mana. Anda yang berkendara sebaiknya menyiapkan mobil agar tetap aman saat menerjang hujan dan melewati genangan air.


Perhatikan hal berikut saat berkendara di musim hujan:

Pastikan semua karet pada mobil dalam keadaan baik, seperti karet jendela dan karet wiper. Segera ganti dengan yang baru jika ada yang sobek. Pastikan isi air tabung pembersih kaca senantiasa dalam keadaan penuh.

Jika wiper macet atau air penghapus kaca habis, dan Anda tengah berkendara dalam keadaan hujan, coba trik darurat ini. Carilah warung terdekat dan beli sabun colek. Oleskan sabun secara memanjang pada pinggiran kaca depan bagian atas. Zat kimia di dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh sehingga Anda terhindari dari kaca buram.

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik, agar saat berada dalam kegelapan saat hujan, lampu - lampu tersebut dapat membantu Anda melihat jalan dengan maksimal.


Jangan sembarangan menerobos jalanan yang tergenang air. Kita tidak tahu seberapa dalam genangan air tersebut. Lihatlah mobil di sekeliling Anda yang jenisnya seperti mobil Anda. Jika hanya setengah bannya yang 'tenggelam', Anda aman untuk meneruskan perjalanan. Jika lebih dari itu, sebaiknya hentikan mobil di pinggir jalan lebih dulu.

Jika Anda terjebak di area banjir, pastikan ketinggian air masih di bawah lubang knalpot dan sistem pengapian. Tak perlu mematikan mesin meski knalpot sudah terendam. Tekanan gas buang akan memblokir air yang masuk ke knalpot. Namun jika sampai mesin mati, saluran buang tidak punya tekanan sehingga air langsung menerobos masuk ke knalpot.


Saat berkendara di jalanan yang basah, kurangi kecepatan. Jalanan yang basah memungkinkan terjadinya Aquaplanning, yaitu terbentuknya lapisan segitiga antara ban dan permukaan jalan. Hal ini akan membuat mobil kehilangan traksi dan kemampuan mengerem.


Jika Anda berkendara saat hujan yang disertai petir yang menyambar-nyambar, segera matikan radio mobil.

Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadap gangguan petir. Sehabis melewati banjir, penting untuk memeriksa rem mobil. Komponen rem yang terendam air bisa menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan.

Sumber: http://www.conectique.com

Labels:

posted by n.lestari @ 11:55:00 AM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home