Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Menjaga Kandungan Vitamin Pada Makanan


Salah proses dalam menyimpan, memasak, serta menyajikan, kandungan vitamin dalam buah dan sayuran dapat berkurang.Agar hal ini tak terjadi, ikuti saja petunjuk berikut. Simpan kacang merah dan kacang polong bersama dengan kulitnya. Kupaslah hanya pada saat akan digunakan. Hal ini untuk mencegah hilangnya vitamin yang terkandung di dalam dua bahan makanan ini.

Sayuran seperti seperti kol, selada, bayam, dan kangkung membutuhkan tempat yang dingin dan kelembapan tinggi untuk mempertahankan semua vitamin dan gizi yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya simpan bahan makanan ini di dalam kantong/wadah yang tertutup di lemari es, di rak/bak untuk sayuran/buah.

Tempat terbaik untuk menyimpan beberapa jenis sayur dan buah seperti tomat dan buah tropis lainnya adalah di suhu normal. Hindari paparan sinar matahari langsung karena akan mempercepat kebusukan.

Masaklah makanan secepat mungkin dan dengan sedikit air. Panas dan air dapat mengurangi kandungan vitamin dan gizi dalam makanan. Cara memasak terbaik adalah dengan menggunakan microwave, ditumis dan dikukus.

Agar kandungan vitamin di dalam sayuran seperti tomat tak banyak terbuang saat direbus, coba cara ini: rebus air hingga mendidih, baru masukkan tomat atau sayuran dengan api yang terus menyala. Selain sayuran cepat matang, juga tidak memakan waktu lama yang dapat membuat kandungan vitamin "hilang".

Cuci sayuran dengan cepat di bawah keran dengan air yang mengalir. Atau celup celupkan ke dalam panci yang berisi air dan kemudian tiriskan. Jangan pernah merendamnya karena air dapat melarutkan vitamin.

Sedapat mungkin jangan mengupas atau membuang kulit buah-buahan. Vitamin banyak terdapat atau berkumpul tepat di bawah kulit, seperti kalsium, zat besi, dan potassium. Contohnya; Apel besar dengan kulitnya mengandung zat besi 54% lebih banyak dibanding apel tanpa kulit.

Jangan memotong sayuran dan buah-buahan dengan ukuran terlalu kecil karena udara akan lebih mudah terserap ke dalamnya, yang dapat mengurangi beberapa jenis vitamin di dalamnya.

http://www.conectique.com

Labels:

posted by n.lestari @ 9:59:00 AM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home