Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Kurang Bersahabat Untuk Tulang

Hindari asupan berlebihan nutrisi berikut ini untuk melindungi tulang kita:

Vitamin A

Asupan harian yang dianjurkan 800 mikrogram RE (Retinol Equivalent) pada wanita dan 1000 mikrogram RE pada pria. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan, penglihatan, daya tahan tubuh, dan remodelling tulang. Kelebihan asupan vitamin A berefek buruk pada tulang. Asupan lebih dari 1500 mcg RE berhubungan dengan peningkatan risiko fraktur panggul sampai dua kali lipat.

Sumber vitamin A adalah
cod liver oil,
hati, dan margarin yang difortifikasi vitamin A. Sementara itu, pro-vitamin A dalam bentuk beta-karoten dari sayuran dan buah berwarna kuning, jingga, dan merah, tertanya tidak mempengaruhi osteoporosis.

Asupan protein berlebihan

Dalam jumlah cukup, protein membantu pembentukan tulang dengan cara menjaga kadar hormon pertumbuhan dan hormon-hormon penting lainnya. Namun, kelebihan protein, yang hasil metabolismenya bersifat asam, menyebabkan peningkatan pengeluaran kalsium. Akibatnya, pengeluaran kalsium dalam urin akan semakin banyak. Jadi, seimbangkan asupan protein dengan cukup makan sayur dan buah, yang hasil metabolismenya bersifat basa.

Garam

Kelebihan asupan garam menyebabkan pengeluaran natrium (garam) dalam urin meningkat. Proses ini juga membawa serta kalsium ke dalam urin.

Kafein

Kebiasaan minum kopi yang popular saat ini juga membantu mempertinggi pengeluaran kalsium dalam urine. Dikatakan, setiap minum 1 cangkir kopi maka kalsium yang terbuang melalui urin setara dengan kalsium yang terdapat dalam 1 sendok makan susu. Jika Anda senang minum kopi, usahakan menambahkan sedikit susu rendah lemak dan tinggi kalsium ke dalam kopi.

Editor: Anna


Sumber : http://www.preventionindonesia.com

Labels:

posted by n.lestari @ 2:16:00 AM,

1 Comments:

At 2:55 PM, Blogger Unknown said...

nice info...arikel kakak sangat menambah pengetahuan buat saya...
terima kasih....

 

Post a Comment

<< Home