Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Tips Menghemat Listrik


Tarif listrik yang terus melonjak membuat kepala Anda pusing? Mulai sekarang, coba deh bersiasat dengan mengencangkan ikat pinggang dan ajak seluruh anggota keluarga untuk berhemat pemakaian barang elektronik yang kurang berguna. Caranya?

- Ganti semua lampu pijar yang digunakan dengan lampu neon. Memang sih, lampu neon jauh lebih mahal tapi lampu jenis ini menggunakan listriknya lebih sedikit dan rumah Anda pun jauh lebih terang.


- Jangan menggunakan alat elektronik secara bersamaan. Gunakan satu televisi untuk keluarga. Bila Anda menyetrika, jangan hidupkan mesin pompa air, begitu juga sebaliknya. Gunakan alat-alat eletronik yang membutuhkan daya listrik besar secara bergantian.


- Banyaknya alat elektronik yang power on-standby seperti TV, VCD yang langsung bisa dimatikan lewat remote control. Padahal kondisi ini justru 'memakan' listrik cukup banyak. Mulai sekarang matikan dengan cara mencabut kontak listrik pada semua barang elektronik.

- Minimalkan membuka pintu kulkas, karena membuka pintu kulkas terlalu sering dan dalam waktu lama berarti menambah tarikan listrik.

- Pasang timer AC agar mati sendiri dalam waktu yang ditentukan.

- Biasakan mematikan air atau lampu yang tidak terpakai.

Sumber: http://www.conectique.com

Labels:

posted by n.lestari @ 6:05:00 AM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home