Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Tips Mengoptimalkan Website di Search Engine

Tujuan utama dari pembuatan website adalah untuk mendapatkan pengunjung. Pengunjung terbanyak biasanya di dapatkan dari search engine besar seperti Google, Yahoo!, Altavista, MSN, dan sebagainya. Agar website Anda mendapatkan banyak pengunjung dari berbagai search engine tersebut, Anda perlu mendesign sebuah site yang ramah search engine (search engine friendly)


Search engine biasanya menggunakan program yang dinamakan crawler atau robot untuk mengindeks website untuk dimasukkan ke daftar halaman dari search engine tersebut. Jika Anda ingin agar website Anda mudah untuk di indeks, Anda harus menghindari penggunaan frame dalam website Anda karena penggunaan frame hanya akan membingungkan robot bahkan mereka akan meninggalkan website anda. Selain itu, penggunaan frame juga akan menyulitkan pengunjung untuk melakukan bookmark halaman yang mereka inginkan tanpa melalui script yang rumit.

Sebaiknya Anda juga menghindari untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk flash movie atau dalam bentuk image. Robot search engine hanya akan bisa membaca text pada kode source sehingga jika anda mempresentasikan kata-kata yang penting pada flash movie atau pada image dan bukan dalam bentuk kalimat text, akan bisa mempengaruhi ranking ranking anda pada search engine.

Gunakan meta tags secara tepat pada setiap halaman situs Anda sehingga mempermudah robot search engine dalam melakukan tugasnya, sehingga mereka akan lebih sering melakukan crawl dan mengindeks website Anda. Sebaiknya hindari penggunaan tag HTML yang kurang tepat pada halaman web Anda.

Sebagai penggantinya gunakan CSS (Cascading Style Sheets) karena lebih efektif dan efisien. Dengan menggunakan CSS, Anda bisa menghilangkan tag HTML yang berlebihan sehingga membuat halaman situs Anda lebih ringan dan lebih cepat untuk di reload.

Labels:

posted by n.lestari @ 4:45:00 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home