Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Raksasa Fast Food Bidik Segmen Muslim


Pertama kali di Amerika Serikat, produsen fast food kelas dunia, Kentucky Fried Chicken di Chicago memasang label halal di restorannya. Adalah gerai KFC di South Asian Devon Avenue yang melepaskan semua menu-menu non-halal dari daftar pesan. Maka, tak seperti di gerai KFC lainnya, di gerai ini tak ada lagi Brown's Chicken dan Pasta yang mengandung bahan non-halal.

Tak hanya itu, di dinding restoran juga ditulis pengumuman yang menyebut seluruh daging untuk kebutuhan restoran dipesan dari rumah pemotongan hewan Muslim. “Ini kebijakan baru dari owner, ujar seorang karyawannya.

Di sejumlah negara yang mayoritas penduduknya Muslim, raksasa fast food seperti McDonald's, Pizza Hut, KFC, dan Burger King sudah lama menyediakan menu halal. Bahkan, karena sudah mengantongi sertifikat halal dari otoritas Muslim setempat, mereka mencoret semua menu non-halal yang sudah ditentukan dari pusatnya di AS.

Namun di AS sendiri, jaringan fast food yang mengantongi sertifikat halal bisa dihitung dengan jari. Di seantero AS, hanya ada dua gerai McDonald’s yang menyediakan hanya produk halal, yaitu McD di Dearborn, Michigan dan McD di sebuah subway di New Yersey. Sedangkan Outback Steakhouse, mereka beberapa bulan lalu mengumumkan menggunakan daging halal yang diimpor dari Selandia Baru.

Menurut Abdul Malik Mujahid, pimpinan Islamic Organizations of Greater Chicago, ayam dan sapi memang binatang halal. Namun bila penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat Islam, maka produk olahan dari daging itu menjadi tidak halal, ujarnya. Ia menyambut baik itikad beberapa raksasa fast food untuk menyediakan menu halal. Pasar halal semakin menggiurkan di AS. Otoritas perdagangan AS memprediksi bisnis pangan halal di AS kini mencapai angka 16 miliar dolar AS. tri/chicago tribune

Sumber: Republika Online


Labels:

posted by n.lestari @ 8:11:00 AM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home