Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Jangan Pernah Menelpon Sebelum Tidur!

yMenerima telpon dari kekasih setiap malam dan mendengar suaranya sebelum tidur bagaikan sebuah nina bobo yang pasti membuat Anda tidur nyenyak. Apa benar seperti itu?

Sebuah penelitian terbaru yang disponsori oleh Mobile Manufacturers Forum mengungkapkan fakta yang berbeda. Berbicara melalui ponsel dalam waktu lama sebelum tidur malam justru dapat mengganggu kesehatan Anda. Penelitian tersebut menjelaskan radiasi yang dialirkan melalui handset ponsel saat Anda berkomunikasi melalui ponsel, dapat menyebabkan insomnia, sakit kepala dan tentu saja memotong waktu tidur.

Atau pendek kata, berbicara melalui ponsel langsung dari handset mengakibatkan seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur lelap sehingga kualitas tidur nyenyak pun berkurang. Padahal tidur lelap sangat penting karena pada saat itu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak saat Anda beraktivitas.Penelitian yang dilakukan adalah melihat dan membandingkan siklus tidur dari responden yang terdiri dari 36 perempuan dan 35 laki-laki antara usia 18 sampai 45 tahun.

Responden kemudian dibagi dalam dua grup. Grup pertama diberikan radiasi yang tingkatnya sama seperti radiasi saat mereka berkomunikasi melalui ponsel, sedangkan grup kedua tidak. Hasil yang terlihat adalah grup pertama membutuhkan waktu lebih lama untuk masuk ke dalam tidur lelap dibanding grup kedua.

"Kami menemukan fakta yang membuktikan ponsel memiliki efek terhadap otak manusia," demikian penuturan Profesor Bengt Arnetz yang memimpin penelitian ini. Penuturan serupa dikemukakan oleh Dr Chris Idzikowski, direktur Edinburgh Sleep Centre, Inggris. "Kini ada bukti konkrit dari para peneliti yang mengungkapkan berkomunikasi melalui ponsel langsung dari handset selama satu jam sebelum tidur mempengaruhi kualitas tidur,". Penelitian yang dilakukan oleh Institut Karolinska dan Universitas Uppsala di Swedia dan Universitas Waybe State di Michigan, AS diterbitkan di Institut Teknologi Massachusetts, AS.

Sumber: http://www.conectique.com


Labels:

posted by n.lestari @ 5:47:00 PM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home