Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Pengalaman Internetan Dengan Menggunakan Speedy Personal (Bag.2)


Kali ini saya ingin melanjutkan cerita mengenai pengalaman saya menggunakan Speedy Personal. Setelah berminggu-minggu mengalami gangguan yaitu seringnya mengalami disconnect di siang hari, alhamdulillah akhirnya masalah tersebut kini telah terselesaikan.Sekarang saya bisa mengakses speedy dengan lancar tanpa sering mengalami disconnect bahkan jika online seharian sekalipun. Koq bisa? Ya.... karena masalah yang menyebabkan mengapa akses speedy saya sering mengalami disconnect akhirnya ditemukan setelah ada tiga orang petugas dari telkom speedy yang silih berganti datang ke rumah saya.

Petugas pertama, datang memeriksa konfigurasi modem saya dan karena waktu itu saya menggunakan USB, petugas tersebut mencoba dengan menggunakan ethernet pada laptopnya, dia mencoba sekitar 18 menit dan tidak mati. Karena itu petugas tersebut menyimpulkan kalau saya harus memasang LAN Card di CPU saya agar dapat menggunakan kabel ethernet supaya lebih stabil aksesnya. Saya menuruti sarannya dan saya menambahkan LAN Card di CPU saya.

Namun ternyata masalahnya belum selesai sampai disini. Karena ternyata walaupun sudah menggunakan kabel ethernet tetap saja saya masih sering mengalami disconnect di siang hari. Akhirnya saya menelpon 147 kembali dan datang petugas telkom speedy yang lainnya, kali ini petugas yang khusus menangani di bidang jaringan. Kali ini pemeriksaan dilakukan lebih detail, mulai dari gardu, kabel tanah hingga jaringan telepon dalam rumah. Selama ini jika saya sedang menggunakan speedy, telpon rumah berbunyi agak ribut, ternyata ada kesalahan dalam pemasangan splitter. Setelah dibetulkan letak pemasangan splitternya, barulah telpon rumah tidak terganggu dan tidak berbunyi ribut sewaktu saya menggunakan speedy. Ternyata menurut petugas tersebut, jaringan speedy di rumah saya sangat bagus, bahkan di atas rata-rata, namun belum juga diketemukan apa penyebab mengapa di saat siang sering sekali mengalami disconnect. Karena jaringan di dalam maupun di luar rumah saya ternyata tidak bermasalah, kasusnya lalu dilimpahkan ke petugas bidang lain.


Keesokan harinya, kembali datang petugas telkom speedy yang lainnya, lalu kembali memeriksa, namun kali ini petugas tersebut lebih menanyakan mengenai modemnya. Ternyata menurut petugas, masalah ini terjadi bisa disebabkan oleh modemnya. Kebetulan saya menggunakan modem merk LinkSys. Dan ternyata modem merk ini sangat sensitif terhadap perubahan tegangan. Akibatnya, jika tegangan di rumah mulai tidak stabil, modemnya jadi sering down, dan akhirnya menimbulkan disconnect. Menurut petugas banyak pelanggan Speedy yang mengalami hal yang serupa dengan saya, setelah mengganti modemnya dengan merk lain barulah tidak mengalami masalah lagi. Dan petugas tersebut mengadakan uji coba dengan modem merk lain yang dibawanya. Ternyata benar saja, koneksinya tidak putus-putus sama sekali waktu menggunakan modem tersebut. Setelah dicoba menggunakan modem LinkSys lagi, kembali koneksinya putus-putus setiap 2-3 menit. Petugas tersebut menyarankan saya untuk mengganti modemnya dengan modem D-Link DSL Tipe 520T karena tipe itu cukup bagus dan tidak sensitif terhadap perubahan tegangan. Atau kalau saya tidak mau mengganti modem, petugas menyarankan saya untuk menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan.

Saya mencoba saran kedua, kebetulan ada stabilizer yang nganggur di rumah, yang tadinya dikira telah rusak, ternyata hanya perlu diganti fusenya saja. Setelah komputernya menggunakan stabilizer, saya mencoba koneksi kembali dengan menggunakan speedy, ternyata........ koneksinya sangat bagus, sama sekali tidak putus-putus bahkan saya pernah hidupkan terus speedynya hingga hampir 10 jam sama sekali tidak mati dan speednya juga cepat. Berarti selama ini seringnya saya mengalami disconnect memang disebabkan karena tidak stabilnya tegangan di rumah saya, terutama pada saat siang hari. Sudah sekitar sepuluh hari saya tidak pernah lagi menghubungi 147 untuk melakukan laporan gangguan speedy karena koneksinya selalu bagus dan lancar, semoga untuk seterusnya begitu.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Telkom Speedy yang tanggap dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dan bersungguh-sungguh dalam menangani keluhan konsumen sehingga sekarang saya merasa lebih nyaman dalam bekerja dengan menggunakan speedy.



Labels:

posted by n.lestari @ 10:09:00 AM,

4 Comments:

At 9:39 PM, Anonymous Hejis said...

Wah kok ribet amat ya...Tapi syukurlah sekarang sudah lancar. Salam kenal ya, kapan2 mampir...

 
At 6:48 PM, Blogger n.lestari said...

Ya memang ribet, tapi untung ada hasilnya, sekarang saya sudah tenang koneksi menggunakan speedy :-)

Salam kenal juga ya.....

 
At 3:13 PM, Anonymous StopDreamingStartAction said...

iya say juga ngalami maslah yang sama , semoag mengikuti saran kamu bisa berhasil, pusing rencana mau tak putus

 
At 1:16 PM, Blogger n.lestari said...

Wah, jangan diputus...sampai sekarang saya masih pake speedy dan gak ada masalah koq, lancar2 aja...kalo problemnya sama, dicoba aja saran saya diatas, mdh2an berhasil.....

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home