Site Network: Personal | Online Shop | Gamat Jeli

 

This blog is about everything I want to share with you...



Makan Apa Agar Tidak Makin Lupa?


Terapi nutrisi, dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, terbukti ampuh untuk meredakan "penyakit lupa". Zat gizi apa saja yang mesti diperhatikan?


"Penyakit lupa" secara umum terjadi baik pada pria maupun wanita. Walaupun demikian, para pria tampaknya harus lebih waspada. Menurut hasil riset Henry Ford Health System, pria potensial lebih rawan menjadi pelupa daripada wanita. Sebab, secara alami penyusutan otak pria berlangsung lebih cepat seiring dengan bertambahnya usia. Penyusutan itu terjadi pada tiga bagian otak yang berperan dalam proses berpikir, merencanakan, dan mengingat. Hal ini membuat pria lebih mudah kehilangan kemampuan mengingat, bahkan kepikunan.


Nah, sebelum hal separah itu terjadi, hadang dengan makanan yang tepat. Jika memang diperlukan, tambah dengan suplemen. Jangan lupa, berhenti merokok atau minum alkohol, berolahraga teratur, menghindari stres, dan cukup berekreasi.



Makanan peredam lupa


Diperkirakan 20-50 persen penduduk yang telah berusia 40-an tahun, tubuhnya kurang mampu menyerap vitamin B-kompleks dengan baik, khususnya vitamin B12. Padahal vitamin B12 sangat besar perannya dalam mengerem kemunduran daya ingat dan kemampuan daya ingat dan kemampuan berpikir kreatif. Vitamin B12 banyak terdapat dalam daging, hati, keju, ayam, kuning telur, susu, aneka ikan laut dalam (tuna, salmon, makeral, sardin), yogurt, prune.


Peran yang sama dengan vitamin B12, diemban pula oleh asam folat, yang masih termasuk anggota keluarga vitamin B12, diemban pula oleh asam folat, yang masih termasuk anggota keluarga vitamin B-kompleks. Namun asam folat terutama berperan menyeimbangkan pikiran yang tidak menentu, seperti sulit mengambil keputusan. Sumber utama asam folat diantaranya sayuran hijau (seperti bayam), hati, daging, keju, kacang hijau, kacang merah, kedelai, kacang-kacangan (nuts) seperti almond, pecan, walnut, dan manisan buah kering (kurma, kismis, sultana, plum).


Menurut hasil riset tim dari National Institute of Aging di Bethesda, Maryland, AS, makanan kaya vitamin C sangat baik untuk memperkuat daya pikir. Vitamin C merupakan antioksidan utama yang membersihkan hambatan pada jaringan penghantar saraf, sehingga fungsi mengingat berlangsung dengan baik. Dengan demikian, jangan lupakan buah-buahan segar, jika tak ingin menjadi si pelupa. Beberapa contoh buah kaya vitamin C diantaranya jambu biji, stroberi, jeruk, belimbing manis, mangga, pepaya, tomat.


Yang tak kalah penting peranannya sebagai pemulih daya ingat adalah makanan sumber vitamin E, karena vitamin E bersama vitamin C termasuk antioksidan dan kuat. Asupan harian vitamin E 100 IU sendirian (tanpa memperhatikan asupan zat gizi lainnya) dapat menyusutkan risiko menjadi pelupa hingga 27 persen. Jika pola makan sehari-hari juga diperkaya dengan vitamin C, misalnya, manfaat tersebut akan makin meningkat. Beberapa bahan makanan yang potensial sebagai sumber vitamin E adalah sayuran daun hijau gelap, ubi jalar, telur, susu, kacang tanah, seledri/peterseli, ikan salmon, ikan tuna.


Jadi, sekarang kita tahu, minum jus seledri/peterseli tidak hanya bermanfaat untuk meredakan hipertensi, tapi juga untuk memperkuat daya ingat kita. Ada baiknya dicoba.



Suplemen anti-lupa


Guna meredam kemunduran ingatan dengan hasil yang lebih cepat, Dr. Robert C. Atkins, penulis buku Dr. Atkin's Age-Defying Diet Revolution (Bantam/Random House Australia, 2000), menyarankan beberapa suplemen. Dr. Atkins adalah seorang ahli jantung, pendiri dan direktur medis Atkin's Center for Complementary Health di New York City, AS. Ia populer dengan pola diet tinggi protein Atkin's Diet yang diperkenalkannya.


Namun seperti selalu diingatkan oleh Andang Gunawan, ahli terapi nutrisi, berkonsultasilah dengan dokter/ahli gizi atau ahli terapi nutrisi sebelum mengkonsumsi suplemen apapun. Suplemen adalah pekatan nutrisi yang sebaiknya digunakan dalam kondisi darurat dan tidak dikonsumsi terus menerus dalam waktu lama. Selama minum suplemen, minum air putih lebih banyak.


Suplemen vitamin V-kompleks, yang lengkap berisi beragam vitamin B, dari tiamin hingga kobalamin (vitamin B12), penting perannya dalam menunjang daya ingat. Kekurangan salah satu saja vitamin B dapat mengakibatkan gangguan kognitif, seperti pelupa, kegelisahan, depresi, sulit tidur. Jadikan vitamin B12, sebagai patokan dosis mengkonsumsi suplemen vitamin B-kompleks, yakni 1.000 mg per hari.


Suplemen asam folat, baik untuk menyusutkan homosistein dalam pembuluh darah, sehingga peredaran darah kaya oksigen menuju jantung dan otak menjadi lancar. Kadar homosistein tinggi, memicu munculnya gejala pelupa; jika kadarnya berlebihan, rawan mengakibatkan penyakit Alzheimer. Kalau Anda memiliki garis keturunan kepikunan dini (pelupa parah di usia 30-40 tahun, serangan jantung, stroke), minumlah suplemen asam folat 3-8 mg per hari. Jika hanya mengalami gejala pelupa, cukup 800 mkg per hari.


Suplemen acetyl-L-carnitine (ALC) merupakan salah satu pekatan asam amino karnitin, lebih mudah diserap dibanding karnitin. ALC berfungsi mempertajam daya ingat dan daya tanggap, memperlambat kemunduran fungsi sel-sel otak dan meningkatkan daya hantar pesan dalam sistem saraf. Jika kita telah berusia 40 tahun dan tidak pelupa, suplemen ALC 500 mg per hari dapat menajamkan daya ingat. Untuk yang pelupa, 1.000 mg. Minum pada pagi hari.


Suplemen DHA (docosahexaenoic) cukup diminum 1.000 mg per hari, walaupun ada juga yang menyarankan hingga 3.000 mg. DHA merupakan salah satu penyusun utama jaringan otak, berperan dalam kemampuan mengingat pada segala tahapan usia, dari bayi, anak-anak hingga lansia.


Suplemen PS (phosphatidyl serine) telah diujikan terhadap 149 orang berusia 50-an tahun. Separuh peserta mendapatkan suplemen PS 3 kali sehari @ 100 mg, selama 12 minggu; sisanya diberi suplemen bohongan (plasebo). Hasilnya, pesserta yang memperoleh PS mengalami peningkatan daya ingat dan daya tanggap hingga 15 persen. PS juga dapat mengerem kemunduran fungsi otak akibat membanjirnya produk "hormon stres" kortisol. Minum 100-300 mg per hari, sebaiknya sebelum sarapan dna makan siang. Setelah tidak meminumnya lagi, efek perbaikan dari suplemen PS masih akan terus berjalan hingga 4 minggu sesudahnya.


Sumber: Majalah Nirmala




Labels:

posted by n.lestari @ 4:14:00 PM,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home